Minggu, 19 Agustus 2012

Resep Rainbow Cupcake

Rainbow cupcake???

Lagi hype banget ya maen sumba-sumbaan di bahan makanan... mulai dari rainbow cake, kue kering rainbow, dan sampai menjamah ke cupcake juga... sebenernya mama agak horor liat kue yang warna warni gitu, jadi saya make pewarna di kue ini secukupnya aja, asal warnanya keluar :) dan Alhamdulillah jadinya cukup cantik, meskipun agak ribet bikinnya...





Resep dasar cupcake nyomot dari NCC tapi dimodif dikit...

Bahan:

120 gram mentega
1/2 sdt vanili
250 gram gula pasir (saya pake 100 gram, supaya gak manis banget)
2 butir telur
200 gram tepung terigu 
1 sdt baking powder (dicampur dan diayak bersama tepung terigu)
150 ml susu segar (saya tambah 2 sendok perasan air lemon supaya jadi buttermilk)
pewarna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu 

Cara:

1. Panaskan oven 180 derajat celcius
2. Kocok mentega, gula, vanili hingga mengembang dan pucat. Masukan telur, kocok hingga tercampur rata dan mengembang
3. Masukan tepung dan susu secara begantian, sambil diaduk hingga rata.
4. Bagi adonan menjadi 6 bagian. Berikan 3 tetes pewarna di masing2 adonan, aduk rata.
5. Sendokan adonan di wadah cupcake mulai dari warna ungu, biru, hijau, kuning, jingga dan kemudian yang terakhir warna merah.
5. Oven hingga matang selama 23 menit.

Frostingnya saya pakai cheese cream biar maknyus... dan saya comot dari all recipes dimodif2 dikit, saya gak pake gula sebanyak di resep, dan penggunaan garam serta ekstrak almond tidak saya pakai. Kebetulan saya pake yang bahan dasarnya whipped cream, karena saya trauma bikin pake butter entah kenapa ada rasa 'ngendal' di mulut :(

Bahan:

8 ons/225 gram cheese cream
gula halus (jujur ini saya pake feeling, kurleb 4 sendok makan, tergantung selera kalo doyan manis ya monggo ditambah lagi gulanya :D )
1 sdt vanili
1 1/2 cup whipped cream (saya pake bubuk whipped cream instan 3/4 kotak)

Cara:

1. Kocok whipped cream sesuai dengan keterangan yang ada di kotak.
2. Campur dan kocok semua bahan hingga rata.







bisa dilihat warna warni di cupcakenya... karena saya baru coba bikin, gak begitu rapi hasilnya, lebih banyak warna kuningnya daripada warna yang lain, hehehe...
yang paling menyenangkan itu waktu menghias frostingnya, adek saya pada rebutan menghias dan alhamdulillah habis gak pake lama... 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar